Profil Jurusan

JURUSAN GIZI

Sambutan Ketua Jurusan

Institusi Pendidikan Kesehatan merupakan salah satu lembaga yang strategis di Kementerian Kesehatan. Oleh karena itu, pengembangan dan pembinaan yang efektif, efisien dan berkelanjutan terhadap lembaga pendidikan kesehatan mutlak diperlukan. Agar perencanaan dan pengambilan keputusan lebih terarah dan terkendali, maka diperlukan data dan informasi yang jelas dan akurat dari lembaga pendidikan tersebut.

Jurusan Gizi Tasikmalaya merupakan salah satu Jurusan yang berada di dalam ruang lingkup Politeknik Kesehatan Tasikmalaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan baru beroperasi mulai tahun 2010. Jurusan Gizi Tasikmalaya terdiri atas dua Program Studi yaitu Program Studi D III Gizi Tasikmalaya dan Program Studi D III Gizi Cirebon yang sudah semestinya memerlukan banyak pembenahan untuk tetap eksis dan mampu memenuhi tujuan di atas.

Profil ini  diharapkan dapat digunakan sebagai bahan untuk evaluasi institusi dan menyusun perencanaan strategis, pengembangan, serta laporan dan masukan kepada Direktorat Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, dengan harapan kualitas dari pelaksanaan program pendidikan di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya akan semakin meningkat, sehingga dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan berdampak terhadap meningkatnya pemberian pelayanan kesehatan serta dapat menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di semua tatanan pelayanan kesehatan baik di dalam maupun di luar negeri sesuai dengan kompetensinya. Selain itu, bagi para pemangku kepentingan (stakeholder), profil ini dapat dijadikan sebagai gambaran atas potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Kemudian, harapan kami profil ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk dilakukan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki demi peningkatan status gizi dan kesehatan masyarakat.

 

Sejarah

Kebutuhan tenaga gizi sampai saat ini masih sangat dibutuhkan khususnya di tingkat Jawa Barat maupun secara Nasional, dimana hal ini akan dicapai apabila didukung oleh Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan profesional dalam berbagi bidang keahlian. Belum adanya lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jurusan Gizi di wilayah Priangan Timur dan Cirebon sehingga belum dapat menampung minat peserta didik untuk dididik menjadi ahli Gizi.

Berpijak pada kondisi tersebut, Poltekkes Tasikmalaya sebagai mitra pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan kesehatan, bertekad untuk ikut berpartisipasi dalam penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, profesional dan memiliki kapabilitas, hal ini sesuai dengan Visi Misi Poltekkes Tasikmalaya. Dengan dibukanya program studi Gizi di Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya diharapkan dapat membantu meringankan tugas pemerintah dalam pengembangan SDM di Indonesia.

Jurusan Gizi berdiri sejak tahun 2010 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tanggal 12 Mei 2010 Nomor : HK.03.05/I/II/4/879 /2010 Tentang Pembentukan Jurusan Gizi dan Program Studi Diploma III Gizi di Politeknik Kesehatan kementerian Kesehatan Tasikmalaya. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut sejak Tahun Akademik 2010–2011 dibuka dua program Studi D III Gizi di dua lokasi yaitu Program Studi D III Gizi Tasikmalaya yang berlokasi di jalan Cilolohan No. 35 Tasikmalaya dan Program Studi D III Gizi Cirebon yang berlokasi di Jalan KS Tubun No. 58 Cirebon. Berdasarkan  Keputusan BAN-PT 28 Juni 2014 No.180/SK/BAN-PT/ Akred/Dpl.III/VI/2014 menyatakan Prodi D III Gizi Tasikmalaya dan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dengan Akreditasi  masing–masing “B”.