Renstra Prodi Gizi Tasikmalaya

Rencana Strategis Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya Polkestama

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Alloh SWT, atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan Rencana Strategis (Renstra) atau Rencana Aksi Kegiatan (RAK) Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya, Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Tasikmalaya Tahun 2020-2024.

Keberadaan lulusan Gizi di Indonesia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga gizi di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini sesuai dengan amanat yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan yang bertujuan untuk melaksanakan perencanaan, pengadaan dan pendayagunaan tenaga kesehatan sesuai dengan jumlah jenis dan distribusi/sebaran guna memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, serta memberikan perlindungan, mempertahankan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan upaya kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. Sesuai dengan tugas dan fungsi Program Studi pada Jurusan dan Politeknik Kesehatan Kemenkes berdasarkan Permenkes No. 38 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan di lingkungan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kesehatan Kementerian Kesehatan, diperlukan adanya rencana strategis dari Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya, Jurusan Gizi Poltekkes Tasikmalaya dalam bentuk RAK untuk jangka waktu empat tahun. Renstra/RAK Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya merupakan turunan atau penjabaran dari Rencana Strategis yang telah dibuat di tingkat Jurusan Gizi dan Poltekkes Tasikmalaya (Polkestama).

Sebagai bagian dari Polkestama, Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya Jurusan Gizi merupakan unsur pelaksana akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada direktur. Program studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis Pendidikan Vokasi dan/atau Pendidikan Profesi. Pengembangan program dan kegiatan Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya, Jurusan Gizi Polkestama harus terus dilakukan dengan peningkatan prestasi yang berkelanjutan. Untuk itu, rencana pengembangan ini juga perlu ditetapkan dalam Renstra ini.

Penyusunan Renstra/RAK Jurusan Gizi Polkestama telah melibatkan berbagai pihak, dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, sehingga proses penyusunan dapat berjalan dalam waktu yang efektif. Bersama ini kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian, bantuan kontribusinya dalam penyusunan Renstra/RAK Jurusan Gizi Polkestama ini.

Semoga Renstra/RAK ini dapat digunakan atau dijadikan sebagai acuan bagi seluruh civitas akademika Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya, Jurusan Gizi Poltekkes Tasikmalaya dalam rangka memajukan Jurusan Gizi dan Poltekkes Tasikmalaya melalui pengembangan program akademik (tridharma perguruan tinggi), pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana, Keuangan, dan pendukung lainnya serta Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) di Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya, Jurusan Gizi Poltekkes Tasikmalaya.

 

Arah Kebijakan Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya Polkestama

Arah kebijakan dan strategi Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya menyesuaikan dan mengikuti arah kebijakan dan strategi Jurusan Gizi dan Politeknik Kesehatan Tasikmalaya. Pengembangan Program yang dilaksanakan di tingkat Prodi D-III Gizi Tasikmalaya juga mengikuti arahan pengembangan program Jurusan Gizi dan Polkestama. Arah kebijakan dan strategi Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya Jurusan Gizi Polkestama tahun 2020-2024 dapat dijabarkan pada Gambar di bawah ini.

arah kebijakan prodi gizi tasikmalaya polkestama

 

Dokumen Renstra Program Studi Diploma III Gizi Tasikmalaya Polkestama 2020-2024 (view)